Minggu, 27 Juli 2025

C++ SAMPLE CODE 4

 #include <iostream>

using namespace std;


class Vektor{

   private:

      int x, y, z ; //tiga komponen dari sebuah Vektor


   public:

      Vektor(int a, int b, int c){x =a; y = b; z =c;} //konstruktor

      Vektor(){}; //konstruktor kosong atau default

      

  Vektor operator+ (const Vektor&S) //untuk membebani operator biner +

  { //hanya satu argumen yang diperlukan

         x = x +S.x;

         y = y + S.y;

         z = z + S.z; 

         return Vektor (x,y,z);

  } //fungsi pembebanan operator menjadi fungsi anggota kelas


  void Tampil()

  {

         cout<<"Komponen x = "<<x<<endl;

         cout<<"Komponen y = "<<y<<endl;

         cout<<"Komponen z = "<<z<<endl;

  }

}; //akhir dari kelas Vektor


int main()

   Vektor V1(2, 4, 5), V2(6, 5, 8), V3;


   V3 = V1 + V2;


   V3.Tampil();


   return 0;

}

=======================================

#include <iostream>

using namespace std;


class Bilangan{

   private:

      int x, y ;


   public:

      Bilangan (int a, int b ){ x = a ; y = b;} //konstruktor

      Bilangan(){}; //konstruktor default


  Bilangan operator+(const Bilangan & m); //prototipe fungsi


      void Tampil()

  {

         cout<<"Komponen x = "<<x<<endl;

         cout<<"Komponen y = "<<y<<endl; 

  }

}; //akhir dari kelas


Bilangan Bilangan :: operator+ (const Bilangan & m) //definisi fungsi

{ //di luar kelas

   x =x - m.x;

   y =y - m.y;


   return Bilangan (x,y); 

}


int main()

{

   Bilangan N(16, 21), M(5, 6), D, E; //N, M, D, E adalah objek


   D = N + M;


   D.Tampil();


   int A = 10; // A dan B adalah integer-integer tipe fundamental

   int B =5;


   cout<<"A + B = "<<A+B<<endl;


   return 0;

}

==================================================

#include <iostream>

using namespace std;


class Bilangan

{

   int x, y; //bilangan kompleks, x + yi, private secara default


   public:

      Bilangan(int a, int b) {x =a ; y = b;} // konstruktor

      Bilangan(){}; //konstruktor default


      Bilangan& operator+(const Bilangan & m) //pendefinisian-ulang operator +

  {

         x = x + m.x;

         y = y + m.y;

         return* this; 

  }


      void Tampil(){

         cout<<"Bilangan resultan adalah = "<<x<<" + "<<y<<"i"<<endl;}

}; //akhir dari kelas Bilangan


int main()

   Bilangan N(16, 21), M(5, 6), D;


   D = N + M;

   D.Tampil();


   return 0;

}

==========================================

#include <iostream>

using namespace std;


class Vektor

{

   private:

      int x, y, z ; //tiga komponen Vektor


   public:

      void set_nilai(int a, int b, int c) {x =a; y = b; z = c;}


      void operator += (Vektor P) //definisi dari fungsi pembebanan operator

  { 

         x = x + P.x ; 

         y = y + P.y ;

         z = z + P.z ; 

  }


      operator -= ( Vektor P) //definisi dari fungsi pembebanan operator

  {

         x = x - P.x; 

         y = y - P.y;

         z = z - P.z; 

  }


      void Tampil()

  {cout<<"x = "<<x<<"\ty = "<<y<<"\tz = "<<z<<endl;}

}; //akhir dari kelas Vektor


int main()

   Vektor V1, V2, V3;


   V1.set_nilai(12, 4, 6);

   V2.set_nilai(2, 5, 7);

   V3.set_nilai(4, 5, 6);


   V1 += V2;

   V3 -= V2;


   cout<<"Komponen-komponen dari V1 adalah: ";

   V1.Tampil() ;

   

   cout<<"Komponen-komponen dari V3 adalah: ";

   V3.Tampil();

   

   cout<<"Komponen-komponen dari V2 adalah: ";


   V2.Tampil();

   return 0;

}

============================================

#include <iostream.h>

const int n = 5;


class List{

   friend ostream & operator << (ostream &, List &);

   friend istream & operator >> (istream &, List &);

   float x[n] ; //private secara default


   public :

      List(){}; //konstruktor default

  List(float a[n]) //konstruktor

  {

         for (int i =0; i<5; i++)

         x[i] = a[i];

  }


      float operator /=(int m) //pembebanan operator /=

  { 

         for ( int i =0; i<5; i++)

            x[i] = x[i]/m;

         return x[i];

  }

} ; //akhir dari kelas List


istream & operator>> (istream &Masuk, List&L) //definisi fungsi friend

   for (int i = 0; i< n; i++) 

      Masuk >> L.x[i]; //Masuk adalah sebuah objek dari istream

   return Masuk;

} //L adalah  sebuah objek dari List


ostream & operator<< (ostream &Keluar, List &L) //definisi fungsi friend

{

   Keluar<<"("<<L.x[0]; 

   for (int i = 1; i<n; i++) //Keluar adalah sebuah objek dari ostream

      Keluar<<", "<< L.x[i];


   Keluar<<")";

   return Keluar;

}


int main()

{

   List L1, L2;


   float B[n] ={2.2,3.3,4.4,5.5,6.6};


   cout<<"Tuliskan "<<n<<" buah elemen dari L2: ";

   cin>>L2;


   L1 = B ;

   L1 /=2;


   cout<<L1<<"\n";

   L2 /=3;


   cout<<L2 <<endl;


   return 0;

}

===============================================

#include <iostream>

using namespace std;


class Vektor

{

   private:

      int x, y, z ; //tiga komponen Vektor


   public :

      Vektor(int a, int b,int c) {x =a; y = b; z =c;}

      Vektor (){}


      Vektor operator ++(int) //Operator postinkremen ++

  { 

         x +=1;

         y += 1;

         z +=1;

         return Vektor((x-1), (y-1), (z-1));

  }


      Vektor operator ++() //Operator prainkremen ++

  { 

         x +=1;

         y += 1;

         z +=1;

         return Vektor (x,y,z);

  }


      Vektor operator --() //Operator pradekremen --

  { 

         x -= 1;

         y -= 1;

         z -= 1;

         return Vektor (x,y,z);

  }


      Vektor operator --(int) //Operator postdekremen --

  { 

         x -= 1;

         y -= 1;

         z -=1;

         return Vektor((x+1), (y+1), (z+1));

  }


      void Tampil()

  { cout<<"x = "<<x<<", y = "<<y<<", z = "<<z<<endl;}

}; //akhir dari kelas B


int main()

   Vektor V1(4, 5, 6), V2(21, 22, 23), V3(1, 2, 3), V4(11, 12, 13);


   cout<<"Komponen-komponen awal dari V1 adalah: ";

   V1.Tampil();


   cout<<"Setelah postinkremen, komponen-komponen V1 adalah: ";

   (V1++).Tampil();


   cout<<"Sekarang komponen-komponen V1 adalah: ";

   V1.Tampil();


   cout<<"Komponen-komponen awal dari V2 adalah: ";

   V2.Tampil();


   cout<<"Setelah prainkremen, komponen-komponen V2 adalah: ";

   (++V2).Tampil () ;


   cout<<"Komponen-komponen awal dari V3 adalah: ";

   V3.Tampil();


   cout<<"Setelah postdekremen, komponen-komponen V3 adalah: ";

   (V3--).Tampil();


   cout<<"Sekarang komponen-komponen V3 adalah: " ;

   V3.Tampil();


   cout<<"Komponen-komponen awal dari V4 adalah: " ;

   V4.Tampil();


   cout<<"Setelah pradekremen, komponen-komponen V3 adalah: ";

   (--V4).Tampil () ;


   return 0;

}

====================================================

#include <iostream>

using namespace std;


class Vektor{

   private:

      int x, y, z ; //tiga komponen Vektor


   public :

      Vektor (int a, int b, int c) {x =a ; y = b; z =c;}

      Vektor (){};

      friend int &operator*(const Vektor &, const Vektor & ); //dua parameter

}; //akhir dari kelas Vektor


int & operator* (const Vektor &S, const Vektor &P ) //definisi fungsi

   int perkalianDalam;

   perkalianDalam = S.x * P.x + S.y * P.y + S.z *P.z;

   

   return perkalianDalam;

}


int main()

   Vektor V1(3, 5, 5);

   Vektor V2(10, 6, 8);


   int perkalianDot = V1 * V2;

   cout<<"Perkalian dot atas V1 dan V2 = "<<perkalianDot<<endl;


   return 0;

}

======================================================

#include <iostream>

using namespace std;

class Vektor

{

   int x, y, z ; //private secara default


   public:

      Vektor(){x = 3, y = 2, z =1;} //konstruktor default 

      Vektor (int a, int b,int c) {x =a ; y = b; z =c;}


  void operator== (Vektor S)

  {

         if ( x==S.x && y == S.y && z== S.z)

            cout<<"true"<<endl;

         else

            cout<<"false"<<endl; 

  }


      void Tampil()

  {

         cout<<"Vektor = ("<<x<<", "<<y<<" "<<z<<")"<<endl;

  }

}; //akhir dari kelas Vektor


int main()

{

   Vektor V1(2, 4, 5), V2(6, 5, 8) ,V3(6, 5, 8);


   V1 == V2;

   V2 == V3;


   V1.Tampil();

   V2.Tampil();

   V3.Tampil();


   return 0;

}

===================================================

#include <iostream.h>

#include <cstdlib>


const int n = 5;


class List 

{

   friend ostream & operator << (ostream & , List &);

   int x[n] ; //private secara default


   public :

      void set_nilai(int a[n])

  {

         for (int j = 0; j< n; j++)

            x[j] = a[j]; 

  }


      int operator [](int k)

  { 

         if (k <0 || k > n)

            cout<<"Indeks array k di luar rentang"<<endl;

            exit(0);

}


         return x[k];

  }

}; //akhir dari kelas List


ostream & operator<< (ostream &Taruh , List &L)

{

   Taruh<<"Komponen-komponen adalah: ("<<L.x[0];

   for ( int i = 1; i<n; i++)

      Taruh<<", "<< L.x[i] ;


   Taruh<<")";

   return (Taruh);

}


int main()

{

   List L1;

   int B1[] = {11, 12, 13, 14, 15};


   L1.set_nilai(B1);

   cout<<L1<<endl;


   cout<<L1[2]<<endl;

   cout<<"Hasil berikut adalah untuk L1[7]: "<<endl;

   cout<<L1[7]<<endl;


   return 0;

}

=======================================================

#include <iostream>

using namespace std;

const n =10;


class Vektor

{

   int x[n]; // n buah komponen Vektor atau array


   public:

      Vektor(int A[n]) 

  {

         for (int i = 0; i < n; i++)

            x[i] = A[i];

  }


      Vektor(){};


      friend int operator* (Vektor P, Vektor S);

}P, S; //akhir dari kelas Vektor


int operator* (Vektor P, Vektor S)

{

   int IP = 0;


   for (int j =0; j< n; j++)

      IP = IP + P.x[j] * S.x[j];


   return IP;

}


int main()

{

   int C1[] = {4, 3, 2, 3, 2, 5, 3, 1, 2, 3};

   int C2[] = {4, 2, 1, 3, 2, 1, 3, 1, 4, 2};


   Vektor V1(C1);

   Vektor V2(C2);


   int perkalianDot = V1 * V2;

   cout<<"Perkalian dot atas V1 dan V2 = "<<perkalianDot<<endl;


   return 0;

}


Tidak ada komentar: