#include <iostream>
using namespace std;
class Vektor{
private:
int x, y, z ; //tiga komponen dari sebuah Vektor
public:
Vektor(int a, int b, int c){x =a; y = b; z =c;} //konstruktor
Vektor(){}; //konstruktor kosong atau default
Vektor operator+ (const Vektor&S) //untuk membebani operator biner +
{ //hanya satu argumen yang diperlukan
x = x +S.x;
y = y + S.y;
z = z + S.z;
return Vektor (x,y,z);
} //fungsi pembebanan operator menjadi fungsi anggota kelas
void Tampil()
{
cout<<"Komponen x = "<<x<<endl;
cout<<"Komponen y = "<<y<<endl;
cout<<"Komponen z = "<<z<<endl;
}
}; //akhir dari kelas Vektor
int main()
{
Vektor V1(2, 4, 5), V2(6, 5, 8), V3;
V3 = V1 + V2;
V3.Tampil();
return 0;
}
=======================================
#include <iostream>
using namespace std;
class Bilangan{
private:
int x, y ;
public:
Bilangan (int a, int b ){ x = a ; y = b;} //konstruktor
Bilangan(){}; //konstruktor default
Bilangan operator+(const Bilangan & m); //prototipe fungsi
void Tampil()
{
cout<<"Komponen x = "<<x<<endl;
cout<<"Komponen y = "<<y<<endl;
}
}; //akhir dari kelas
Bilangan Bilangan :: operator+ (const Bilangan & m) //definisi fungsi
{ //di luar kelas
x =x - m.x;
y =y - m.y;
return Bilangan (x,y);
}
int main()
{
Bilangan N(16, 21), M(5, 6), D, E; //N, M, D, E adalah objek
D = N + M;
D.Tampil();
int A = 10; // A dan B adalah integer-integer tipe fundamental
int B =5;
cout<<"A + B = "<<A+B<<endl;
return 0;
}
==================================================
#include <iostream>
using namespace std;
class Bilangan
{
int x, y; //bilangan kompleks, x + yi, private secara default
public:
Bilangan(int a, int b) {x =a ; y = b;} // konstruktor
Bilangan(){}; //konstruktor default
Bilangan& operator+(const Bilangan & m) //pendefinisian-ulang operator +
{
x = x + m.x;
y = y + m.y;
return* this;
}
void Tampil(){
cout<<"Bilangan resultan adalah = "<<x<<" + "<<y<<"i"<<endl;}
}; //akhir dari kelas Bilangan
int main()
{
Bilangan N(16, 21), M(5, 6), D;
D = N + M;
D.Tampil();
return 0;
}
==========================================
#include <iostream>
using namespace std;
class Vektor
{
private:
int x, y, z ; //tiga komponen Vektor
public:
void set_nilai(int a, int b, int c) {x =a; y = b; z = c;}
void operator += (Vektor P) //definisi dari fungsi pembebanan operator
{
x = x + P.x ;
y = y + P.y ;
z = z + P.z ;
}
operator -= ( Vektor P) //definisi dari fungsi pembebanan operator
{
x = x - P.x;
y = y - P.y;
z = z - P.z;
}
void Tampil()
{cout<<"x = "<<x<<"\ty = "<<y<<"\tz = "<<z<<endl;}
}; //akhir dari kelas Vektor
int main()
{
Vektor V1, V2, V3;
V1.set_nilai(12, 4, 6);
V2.set_nilai(2, 5, 7);
V3.set_nilai(4, 5, 6);
V1 += V2;
V3 -= V2;
cout<<"Komponen-komponen dari V1 adalah: ";
V1.Tampil() ;
cout<<"Komponen-komponen dari V3 adalah: ";
V3.Tampil();
cout<<"Komponen-komponen dari V2 adalah: ";
V2.Tampil();
return 0;
}
============================================
#include <iostream.h>
const int n = 5;
class List{
friend ostream & operator << (ostream &, List &);
friend istream & operator >> (istream &, List &);
float x[n] ; //private secara default
public :
List(){}; //konstruktor default
List(float a[n]) //konstruktor
{
for (int i =0; i<5; i++)
x[i] = a[i];
}
float operator /=(int m) //pembebanan operator /=
{
for ( int i =0; i<5; i++)
x[i] = x[i]/m;
return x[i];
}
} ; //akhir dari kelas List
istream & operator>> (istream &Masuk, List&L) //definisi fungsi friend
{
for (int i = 0; i< n; i++)
Masuk >> L.x[i]; //Masuk adalah sebuah objek dari istream
return Masuk;
} //L adalah sebuah objek dari List
ostream & operator<< (ostream &Keluar, List &L) //definisi fungsi friend
{
Keluar<<"("<<L.x[0];
for (int i = 1; i<n; i++) //Keluar adalah sebuah objek dari ostream
Keluar<<", "<< L.x[i];
Keluar<<")";
return Keluar;
}
int main()
{
List L1, L2;
float B[n] ={2.2,3.3,4.4,5.5,6.6};
cout<<"Tuliskan "<<n<<" buah elemen dari L2: ";
cin>>L2;
L1 = B ;
L1 /=2;
cout<<L1<<"\n";
L2 /=3;
cout<<L2 <<endl;
return 0;
}
===============================================
#include <iostream>
using namespace std;
class Vektor
{
private:
int x, y, z ; //tiga komponen Vektor
public :
Vektor(int a, int b,int c) {x =a; y = b; z =c;}
Vektor (){}
Vektor operator ++(int) //Operator postinkremen ++
{
x +=1;
y += 1;
z +=1;
return Vektor((x-1), (y-1), (z-1));
}
Vektor operator ++() //Operator prainkremen ++
{
x +=1;
y += 1;
z +=1;
return Vektor (x,y,z);
}
Vektor operator --() //Operator pradekremen --
{
x -= 1;
y -= 1;
z -= 1;
return Vektor (x,y,z);
}
Vektor operator --(int) //Operator postdekremen --
{
x -= 1;
y -= 1;
z -=1;
return Vektor((x+1), (y+1), (z+1));
}
void Tampil()
{ cout<<"x = "<<x<<", y = "<<y<<", z = "<<z<<endl;}
}; //akhir dari kelas B
int main()
{
Vektor V1(4, 5, 6), V2(21, 22, 23), V3(1, 2, 3), V4(11, 12, 13);
cout<<"Komponen-komponen awal dari V1 adalah: ";
V1.Tampil();
cout<<"Setelah postinkremen, komponen-komponen V1 adalah: ";
(V1++).Tampil();
cout<<"Sekarang komponen-komponen V1 adalah: ";
V1.Tampil();
cout<<"Komponen-komponen awal dari V2 adalah: ";
V2.Tampil();
cout<<"Setelah prainkremen, komponen-komponen V2 adalah: ";
(++V2).Tampil () ;
cout<<"Komponen-komponen awal dari V3 adalah: ";
V3.Tampil();
cout<<"Setelah postdekremen, komponen-komponen V3 adalah: ";
(V3--).Tampil();
cout<<"Sekarang komponen-komponen V3 adalah: " ;
V3.Tampil();
cout<<"Komponen-komponen awal dari V4 adalah: " ;
V4.Tampil();
cout<<"Setelah pradekremen, komponen-komponen V3 adalah: ";
(--V4).Tampil () ;
return 0;
}
====================================================
#include <iostream>
using namespace std;
class Vektor{
private:
int x, y, z ; //tiga komponen Vektor
public :
Vektor (int a, int b, int c) {x =a ; y = b; z =c;}
Vektor (){};
friend int &operator*(const Vektor &, const Vektor & ); //dua parameter
}; //akhir dari kelas Vektor
int & operator* (const Vektor &S, const Vektor &P ) //definisi fungsi
{
int perkalianDalam;
perkalianDalam = S.x * P.x + S.y * P.y + S.z *P.z;
return perkalianDalam;
}
int main()
{
Vektor V1(3, 5, 5);
Vektor V2(10, 6, 8);
int perkalianDot = V1 * V2;
cout<<"Perkalian dot atas V1 dan V2 = "<<perkalianDot<<endl;
return 0;
}
======================================================
#include <iostream>
using namespace std;
class Vektor
{
int x, y, z ; //private secara default
public:
Vektor(){x = 3, y = 2, z =1;} //konstruktor default
Vektor (int a, int b,int c) {x =a ; y = b; z =c;}
void operator== (Vektor S)
{
if ( x==S.x && y == S.y && z== S.z)
cout<<"true"<<endl;
else
cout<<"false"<<endl;
}
void Tampil()
{
cout<<"Vektor = ("<<x<<", "<<y<<" "<<z<<")"<<endl;
}
}; //akhir dari kelas Vektor
int main()
{
Vektor V1(2, 4, 5), V2(6, 5, 8) ,V3(6, 5, 8);
V1 == V2;
V2 == V3;
V1.Tampil();
V2.Tampil();
V3.Tampil();
return 0;
}
===================================================
#include <iostream.h>
#include <cstdlib>
const int n = 5;
class List
{
friend ostream & operator << (ostream & , List &);
int x[n] ; //private secara default
public :
void set_nilai(int a[n])
{
for (int j = 0; j< n; j++)
x[j] = a[j];
}
int operator [](int k)
{
if (k <0 || k > n)
{
cout<<"Indeks array k di luar rentang"<<endl;
exit(0);
}
return x[k];
}
}; //akhir dari kelas List
ostream & operator<< (ostream &Taruh , List &L)
{
Taruh<<"Komponen-komponen adalah: ("<<L.x[0];
for ( int i = 1; i<n; i++)
Taruh<<", "<< L.x[i] ;
Taruh<<")";
return (Taruh);
}
int main()
{
List L1;
int B1[] = {11, 12, 13, 14, 15};
L1.set_nilai(B1);
cout<<L1<<endl;
cout<<L1[2]<<endl;
cout<<"Hasil berikut adalah untuk L1[7]: "<<endl;
cout<<L1[7]<<endl;
return 0;
}
=======================================================
#include <iostream>
using namespace std;
const n =10;
class Vektor
{
int x[n]; // n buah komponen Vektor atau array
public:
Vektor(int A[n])
{
for (int i = 0; i < n; i++)
x[i] = A[i];
}
Vektor(){};
friend int operator* (Vektor P, Vektor S);
}P, S; //akhir dari kelas Vektor
int operator* (Vektor P, Vektor S)
{
int IP = 0;
for (int j =0; j< n; j++)
IP = IP + P.x[j] * S.x[j];
return IP;
}
int main()
{
int C1[] = {4, 3, 2, 3, 2, 5, 3, 1, 2, 3};
int C2[] = {4, 2, 1, 3, 2, 1, 3, 1, 4, 2};
Vektor V1(C1);
Vektor V2(C2);
int perkalianDot = V1 * V2;
cout<<"Perkalian dot atas V1 dan V2 = "<<perkalianDot<<endl;
return 0;
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar